KATA layaknya DNA. Ia JEJAK yang mampu menembus batas ruang dan waktu


Oct 22, 2014

Kaltim Siap Kibarkan Bendera Setengah Tiang

"... Jikalau tidak terpilih, (mari kita kibarkan) bendera setengah tiang. Kapan lagi orang Kaltim bisa menjadi menteri." Pesan pendek itu saya terima dari Viko Januardhy, aktivis muda Kaltim, Selasa (21/10) petang. Pesan yang sama ia kirimkan kepada para sahabat dan rekan sesama aktivis yang turut mendorong adanya orang Kaltim menjadi menteri.

ACHMAD  BINTORO

VIKO seharian kemarin tidak pernah lepas dari gadgetnya. Dengan jaringan kawan yang tersebar luas di Jakarta dan Yogyakarta, ia terus berupaya mendapatkan kabar teranyar tentang ada tidaknya
nama orang Kaltim yang masuk dalam jajaran kabinet menteri pemerintahan Jokowi-JK. Ia saling berbalas SMS dan BBM.

"Kabarnya malam ini (kemarin malam, red) akan diumumkan," ujarnya. Namun, belakangan muncul kabar teranyar, Jokowi menundanya. Presiden masih perlu waktu untuk merombak beberapa nama yang mendapat warna merah dari KPK. 

Di tempat terpisah, Artha Mulia turut memantau perkembangan kabar itu. Artha adalah Koordinator Koalisi Gerakan Pemuda Kalimantan.  Koalisi pernah menjaring 53 nama tokoh bakal calon menteri dari Kaltim. Pada akhirnya mengerucut segelintir nama yang paling banyak mendapat dukungan dari kalangan ormas, dan tokoh-tokoh nasional.


Nama-nama itu adalah Isran Noor, Sofyan Hasdam (mantan Walikota Bontang), Prof Dr Adri Paton (Sekda Kabupaten Malinau, mantan Dekan Fisipol Unmul), Marthin Billa (anggota DPD RI, mantan Bupati Malinau), Irianto Lambrie (Plt Gubernur Kaltara, Sekprov Kaltim), dan Prof Dr Zamrudin Hasyid SE (mantan Rektor Unmul). Isran -- Bupati Kutai Timur cum Ketua Umum APKASI ini disebut-sebut memiliki peluang terkuat dibanding lima nama lainnya.

Lalu bagaimana peluang Kaltim?

Justru pada detik-detik terakhir ini informasi tersebut tidak sampai di kalangan aktivis di Kaltim. Ada yang menyebut peluang kecil. Sebagian lainnya menyebut nama Isran Noor masuk nominasi. Artha hanya bisa pasrah. Ia mengakui para pesaing Isran cukup berat. Kalau bicara soal kepintaran, tentu banyak yang lebih pintar. Bicara kemampuan, banyak yang lebih mampu dengan segudang pengalaman. Bicara popularitas, banyak pula yang lebih populer. Tetapi, ia berharap presiden kali ini dapat lebih arif dalam melihat Kaltim.

Kearifan itu diperlukan agar bisa melihat sumbangsih Kaltim kepada Indonesia yang sudah demikian besar. Dengan kekayaan sumberdaya alam yang dimiliki berupa hutan, minyak, gas alam, batubara, dan bahan mineral lainnya, Kaltim telah memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional secara siginifikan.

Bandingkan dengan Kalsel, Papua, atau Sulawesi Utara. Tiga wilayah ini telah menelorkan tokoh- tokohnya duduk di kementerian RI. Padahal, kalau bicara soal sumbangsih daerah, Kaltim tentu tidak kalah dengan tiga daerah itu. Kenyataannya, selama 69 tahun Indonesia merdeka, tidak pernah satu pun tokoh Kaltim menjadi menteri.

Besarnya nilai ekonomi Kaltim itu bisa dilihat dari besaran Produk Domestik Regional Bruto yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun 2011 misalnya, mencapai Rp 391,8 triliun, tahun 2012 sebesar Rp 419,5 triliun, dan terus naik menjadi Rp 425,4 triliun pada 2013.

PDRB masih didominasi minyak bumi, gas alam, dan bahan tambang lainnya. Maka, banyak yang menjuluki Kaltim sebagai lumbung energi nasional. Kaltim adalah penghasil migas dan batubara terbesar di Indonesia. Semua itu membuat posisi Kaltim sangatlah strategis, baik secara geografis, geologis, geo-politik, geo-ekonomi  maupun konteks geo-regional. Ironinya, sekedar memenuhi kebutuhan listrik saja, Kaltim harus merasakan byar pet tak berkesudahan. Rasio elektrifikasi baru  68 persen. Masih ada 32 persen desa yang belum terjangkau oleh penerangan listrik. Infrastruktur apalagi. Parah!

"Kearifan dalam melihat inilah yang kami harapkan dari presiden Jokowi," katanya.***

SORE di sebuah rumah di Tenggarong. Si empunya rumah menyambut hangat anggota Koalisi. Tapi begitu maksud bertamu disampaikan -- meminta dukungan Kesultanan terhadap Isran Noor untuk menjadi calon menteri -- raut muka HAPM Haryanto Bachroel langsung berubah. "Kalau itu nanti dulu. Kita harus lihat seperti apa kontribusinya terhadap Kesultanan," ujarnya.

Pemilik tubuh tambun ini adalah Menteri Sekretaris Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Setelah pensiun dari Sekda Pemkab Kutai Kartanegara, Bachroel kini mengisi harinya dengan mengajar di perguruan tinggi di Samarinda. Ia juga memimpin Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Kaltim.

Satu jam pertemuan tidak menghasilkan titik temu. Bagi Bachroel, dukungan Kesultanan idealnya diberikan hanya kepada orang asli Kaltim, khususnya suku Kutai. Atau setidaknya orang yang telah memberi sumbangsih besar terhadap kesultanan. Pandangannya bertolak belakang dengan Sultan Aji Pangeran Praboe (Aji Muhammad Salahuddin II) maupun putra mahkota, HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat yang ditemui sebelumnya di rumah masing-masing. Sultan merestui dan mendukung Isran jadi menteri sebagai representasi orang Kaltim.

"Asal jangan Rita yang diusulkan jadi orang pusat. Rita biar di sini saja," sebut Sultan. Rita adalah Bupati Kutai Kartanegara. Putri mantan Bupati Kukar Syaukani HR ini disebut-sebut sebagai 'cucu' kesayangan Sultan. Sultan tak ingin Rita jauh dari dirinya. 

Artha mengaku iri dengan kekompakan masyarakat Kalsel bersama para elitnya. Ia mendengar ada dua tokoh Kalsel yang bakal diakomodasi dalam kabinet Jokowi. Salah satunya, Rektor Universitas Lambung Mangkurat. Sebelumnya, tokoh Kalsel juga banyak yang jadi tokoh nasional. Prof Gusti Muhammad Hatta misalnya, pernah menjadi Menteri LH, kemudian Menristek.

"Di Kalsel, ormas dan elitnya bersatu. Para kepala daerah kompak mendukung. Mereka benar-benar full team ke Jakarta dan menyampaikan langsung ke tim Jokowi. Semestinya, beberapa bulan lalu, begitu nama-nama itu kita jaring dan kemudian mengerucut pada satu dua nama, langsung ditangkap oleh kepala daerah. Tapi bagaimana mau direspon sedang mereka adalah para tim sukses dan punya agenda sendiri," kata Artha.

"Ada elit yang kapabel tapi tidak peduli karena merasa tidak ada manfaatnya bagi diri mereka. Kalau kami sih sudah maksimal (berjuang), sayangnya tidak direspon elit dari Kaltim sendiri," sambung Artha.

Jadi, kalau tidak ada satu pun tokoh Kaltim yang dipilih jadi menteri, lebih karena ketidakkompakan elit bersama masyarakat Kaltim dalam berjuang menyampaikan aspirasi. Sikap semacam ini bukan terjadi sekali dua. Sebut saja perjuangan mendapatkan hak pembelian 51 persen saham divestasi PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang akhirnya jatuh ke tangan kelompok usaha Bakrie.

Begitu pula ketika Kaltim mengajukan gugatan arbitrase di International Center for Settlement of Investment Disputes (ICSID), mendadak Gubernur Kaltim saat itu menarik diri dari gugatan setelah mendapat tawaran kompensasi uang dari Bumi Resources. Tetapi, hingga kini iming-iming itu tak pernah terwujud.

Bagi Wagub Kaltim Mukmin Faisyal, kalau akhirnya tidak ada orang Kaltim yang ditunjuk menjadi menteri, itu bukan soal ketidakkompakan. Melainkan lebih karena tidak adanya tokoh Kaltim yang pantas dan kapabel duduk di kursi menteri. "Yang mau banyak tapi belum ada  yang kapabel," sebut Mukmin, Selasa (21/10).

Menurutnya, "Yang paling tepat kalau bicara soal kepentingan Kaltim, hanya Pak Gubernur (Awang Faroek Ishak). Tapi kita tahu (Awang) tidak sejalan (dengan Jokowi)," tegas Ketua DPD Golkar Kaltim itu.

Awang Faroek menjadi Ketua Tim Sukses Prabowo-Hatta saat kampanye Pilpres. Awang  sempat  dijagokan sebagai calon menteri dari Kaltim. Ia bahkan sudah menyerahkan daftar riwayat hidupnya kepada tim Prabowo-Hatta. Tapi Prabowo-Hatta kalah. Jokowi-JK mendulang 63,38 persen suara di wilayah yang selama ini dikuasai Golkar itu.***

BERJAS
lengkap, Sigit Hardwinarto, khidmat mengikuti prosesi pelantikan pejabat eselon di Lamin Etam, Samarinda, Jumat pekan pertama Agustus lalu. Guru besar di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman ini adalah satu dari 188 pejabat eselon II, III, dan IV yang dilantik Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Awang menunjuknya sebagai Staf Ahli Bidang Pertanian, SDA dan Lingkungan Hidup. Namun, penunjukkannya kali ini dipandang agak tak biasa. Bukan untuk meragukan keahlian Sigit. Semua mafhum dengan kepakaran pria berkumis lebat kelahiran Nganjuk, 2 Pebruari 1961 ini. Sigit ahli hidrologi dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Di mata koleganya, Sigit dijuluki  "ahli DAS." Yang dianggap tak biasa, Awang biasanya memilih hanya orang-orang di lingkarannya sebagai staf ahli. Prof Daddy Ruhiyat misalnya, pejabat di pos  itu sebelumnya, pernah menjadi Ketua Umum Kalima Plus. Kalima adalah lembaga swadaya masyarakat yang awalnya dibentuk dan didedikasikan untuk mendukung program-program Awang Faroek sebagai calon gubernur.
Setelah Awang Faroek menjadi gubernur, Kalima Plus beberapa kali mendapat dana hibah bantuan sosial dari APBD Kaltim. Tahun 2013, Kalima menerima Rp 2,3 miliar. Masyarakat bisa melihat jejak kegiatannya di beberapa pot bunga warna hitam di jalan Basuki Rahmat Samarinda. Pot-pot besar itu bertuliskan "Kalima Plus."

Beberapa akademisi Unmul lainnya seperti Prof Dwi Nugroho, Dr Rusmadi, dan Dr Bohari Yusuf juga aktif di Kalima. Usai kemenangan Awang Faroek, Dwi menjadi Staf Ahli Bidang Kesra. Ia kini menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kaltim. Rusmadi, sebelumnya Dekan Faperta Unmul, menjadi Kepala Bappeda Kaltim, dan kini merangkap Plh Sekprov Kaltim. Bohari Yusuf, terakhir ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pendidikan Kaltim sekaligus menangani Beasiswa Kaltim Cemerlang yang belakangan jadi polemik di media.

Tidak seperti beberapa koleganya itu, Sigit tidak pernah tertarik duduk di Kalima Plus. Ia lebih suka meneliti dan mengabdi di kampus. Tetapi, orang tahu Sigit dekat Jokowi. Doktor lulusan Kyushu Dept of Forestry Japan ini teman sekelas Jokowi di Fahutan UGM tahun 1980. Keduanya juga pernah terlibat dalam satu kepengurusan di Yayasan Sipirit D'80. Jokowi pembina, dan Sigit anggota badan pengawas di yayasan yang merupakan paguyuban para alumni angkatan tahun 80.

Apakah kedekatan Sigit dengan Jokowi ini yang dibaca oleh Awang Faroek? Spekulasi berkembang bahwa Awang Faroek sedang berjuang mencari jalan lain setelah Prabowo kalah agar niatnya untuk menjadi menteri bisa kesampaian. Nama Awang Faroek memang sempat ditolak oleh tim Jokow-JK ketika nama itu muncul dalam daftar nama calon menteri dari Kaltim yang terjaring oleh Koaliasi Gerakan Pemuda Kalimantan.

"Saya sendiri juga kaget. Kok saya? Tapi saya profesional saja dan berpikir positip bahwa mungkin keahlian saya memang diperlukan oleh pak Gubernur," jawab Sigit saat saya konfirmasi mengenai kemungkinan alasan peunjukkan dirinya sebagai staf ahli.

Menurutnya, sejauh ini gubernur tidak pernah bicara soal kedekatannya dengan Jokowi. "Pak Gub saat saya tanyakan hal itu hanya bilang: saya perlu ilmu pak Sigit. Saya dianggap tahu soal banjir. Itu saja kayaknya."
Sigit mengaku kadang berteleponan dengan Jokowi. Sebelumnya, silaturahmi juga terjalin baik saat dia menjadi Walikota Solo maupun Gubernur DKI Jakarta.

Saat dikonfirmasi bahwa namanya sempat masuk dalam daftar tujuh besar calon menteri dari Kaltim yang diusulkan oleh Koalisi kepada Jokowi, Sigit hanya tertawa lebar. "Terlepas dari itu, saya pikir presiden perlu mengakomodasi aspirasi Kaltim. Selama ini kan cuma dari Kalsel, lalu kabarnya nanti juga dari Kalteng (Teras Narang, pentolan PDIP)."

Mungkin hari ini, mungkin pula besok atau lusa, Jokowi baru akan mengumumkan kabinetnya. Yang lebih ditunggu masyarakat Kaltim: adakah kali ini orang dari Kaltim? Jika ada, Viko bilang, mari kita syukuran kecil-kecilan, mungkin di rumah makan. Jika tidak ada, Kaltim pantas  mengibarkan bendera setengah tiang.(***)


7 comments:

Vimax Asli said...

Thank you for sharing in this article
I can learn a lot and could also be a reference
I hope to read the next your article updates

[-] Vimax Asli
[-] Pembesar Penis
[-] Agen Vimax Asli

Vimax Asli said...

Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable new experience. all things that are here will I make the source of reference, thank you friends.
Vimax
Vimax Asli
Vimax Canada
Vimax Asli
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Obat Pembesar Alat Vital
Cream Ajaib Kuda Jantan
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Cara Memperbesar Alat Vital
Vimax
Vimax Asli
Vimax Canada
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Cara Ereksi Tahan Lama dan Keras

vimax said...

I really liked your article, and very useful for me , tnks





vimax obat pembesar penis ciri vimax asli vimax izon vimax proextender proextender

vimax obat pembesar penis ciri vimax asli vimax izon vimax proextender proextender

foto bugil gadis bugil bokep download bokep memek sempit cerita sex

Obat KLG said...

Thanks relating to indicating this information, fantastic suggests linked with present which intended theme in order to conversation.
Vimax and Vimax Asli

IBU WINDA DI GARUT said...

Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 3510 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.






KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI


























Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 3510 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.






KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI
















PAK BUDIMAN DI MALANG said...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

PAK RUDI said...

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di ��PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL��