KATA layaknya DNA. Ia JEJAK yang mampu menembus batas ruang dan waktu


May 6, 2007

Sepatu Bally dan Wakil Rakyat

SEORANG wakil rakyat terlihat mengenakan sepatu merek terkenal, Bally. Ini adalah sebuah sepatu yang dulu pernah diidamkan Bung Hatta, Wakil Presiden RI. Namun meski telah diusahakan menabung bertahun-tahun, Bung Hatta tidak mampu membelinya. Bahkan hingga akhir hayatnya! Memang hanya sepatu.

ACHMAD BINTORO


PENAMPILAN anggota DPRD Kaltim yang satu ini sepintas lebih mirip eksekutif muda dari sebuah perusahaan papan atas. Mengenakan setelan jas warna biru tua dari bahan pilihan yang membalut kaos bercorak kotak-kotak kecil warna terang merek Louis Voitton, anggota sebuah partai besar ini tampak dandy. Tatanan rambutnya apik. Selalu klimis dan tersisir rapi ke belakang.

Akhir pekan lalu ia terlihat duduk di sebuah kursi empuk di Eksekutive Lounge Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, sesaat sebelum bertolak ke Jakarta. Sebelah kakinya berpangku pada paha satunya sehingga terlihat jelas sepatu Bally warna cognac miliknya yang tersemir mengkilap. Sepatu tersebut ia beli di SOGO Jakarta seharga Rp 5 juta lebih.

Keberadaan sang wakil rakyat itu terus menyita perhatian saya. Barangkali karena ingatan saya masih segar terhadap berita-berita tentang wakil rakyat yang pernah saya baca sepanjang pekan ini. Saya baca misalnya tekad Kajati Kaltim Masri Djinin untuk mentuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi dana operasional di DPRD Kaltim periode 1999-2004.

Masri bahkan sudah bertindak lebih cepat ketimbang pendahulunya. Dua orang ditetapkannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyimpangan penggunaan dana operasional dewan selama periode itu, senilai Rp 85 miliar. Seorang di antaranya adalah Sukardi Djarwo Putro, mantan Ketua DPRD Kaltim 1999-2004. Bahkan, lembaga itu juga sedang mengusahakan mendapatkan izin dari Mendagri untuk memeriksa belasan anggota dewan yang kini kembali terpilih.

Keberadaan wakil rakyat itu agak menyita perhatian saya barangkali juga karena merek sepatu yang dikenakannya. Ya. Saya seketika teringat dengan kisah seorang Bung Hatta, Wakil Presiden RI yang konon pernah sangat menginginkan bisa memiliki sepatu terkenal asal Schonewerd itu, sekitar 50 Km dari Zurich, Swiss.

Agar bisa membeli sepatu idaman tersebut -- yang semua orang tahu harganya tentu tidaklah murah -- Bung Hatta berupaya menabung. Ia juga menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjual sepatu Bally itu. Tapi bertahun-tahun menabung agaknya tidak pernah mencukupi. Selalu saja terambil untuk memenuhi keperluan rumah tangga atau membantu kerabat yang kebetulan datang meminta tolong.

Dan itu berlangsung terus selama hidup. Hingga akhir hayatnya! Ia hanya bisa memandangi guntingan iklan sepatu yang prestisius itu. Guntingan iklan itu masih tersimpan rapi dan menjadi saksi bisu atas keinginan seorang Wakil Presiden yang sederhana yang tidak pernah tercapai.

Adi Sasono, mantan menteri pada era Gus Dur yang mengenal sosok sang proklamator itu, mengatakan, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk membeli sepatu Bally, apabila ia tidak menyisihkan uang tabungan itu untuk membantu kerabat atau handai tolannya atau andaikan saja ia meminta tolong pengusaha dan Duta Besar yang banyak dikenalnya.

Namun ia tidak mau melakukan itu. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri. Ia memilih jalan sukar dan lama, yang itu pun ternyata gagal, karena Bung Hatta mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Bung Hatta membawa mati hasratnya untuk memiliki sepatu Bally.

Kembali kepada sang wakil rakyat tadi, saat itu saya lihat ia tengah berbincang akrab dengan dua orang lelaki. Sesekali gulungan asap rokok mengepul dari bibirnya yang coklat tebal. Entah apa yang dibicarakan. Mereka mengambil tempat di sudut. Saya yang ketika itu kebetulan duduk agak jauh -- dan sedang ngobrol dengan seorang teman -- tidak bisa menangkap jelas yang mereka bicarakan. Lagi pula saya memang lagi malas nguping.


Yang pasti, satu dari lelaki itu adalah seorang pengusaha yang sangat saya kenal. Sebagian masyarakat Kaltim juga tentu mengenalnya. Wajahnya terlihat bebera kali nongol di suratkabar lokal. Ia kontraktor sukses. Dikenal memiliki lobi kuat ke banyak pejabat dan pemimpin daerah. Kini ia tengah menggarap sejumlah proyek infrastruktur -- sebagian dengan pola pembiayaan voorfinanciering -- yang tersebar di beberapa daerah dengan nilai puluhan miliar rupiah.

Ia tampil lebih simpel. Bersepatu warna putih dengan sol spike dari bahan karet yang dipadu celana kain katon dan kaos berkerah, ia terlihat elegan, formal, dan aristokrat. Agaknya ia baru kembali dari dari bermain golf. Sebuah tas kulit kecil warna hitam tak pernah jauh dari sisinya.
***

MELIHAT penampilan sang wakil rakyat itu, kesan sebagian penduduk Kaltim yang tertinggal dan miskin jadi sirna. Kaltim jadinya seperti deret angka fantastik dalam statistik yang memang memperlihatkan sebagai daerah kaya. Sebuah daerah dengan PDRB Rp 96 triliun dan pendapatan per kapita mencapai 1.000 Dolar AS.

Sebuah potret kemakmuran rakyat ini tergambar secara abstrak pada dirinya. Apakah itu merupakan potret realitas rakyat yang diwakilinya? Entahlah! Yang pasti angka kemiskinan masih sekitar 313 ribu jiwa (12,2 persen dari jumlah penduduk), desa tertinggal masih 415 desa (31,7 persen, dan sebagian besar (54,8 persen) usia kerja berpendidikan hanya SD.

Mau data yang lebih pasti dan nyata lagi adalah kini lebih dari 3.000 buruh Kalimanis Grup telah jadi pengangguran. Menyusul ribuan rekan-rekan mereka yang telah lebih dulu terkena PHK. Mereka kini dilanda kebingungan bagaimana mendapatkan uang untuk membeli susu buat anak-anaknya yang masih balita. Mereka juga bingung karena bulek penjual sayuran terus menerus menagih utang yang dua bulan lebih belum terbayar.

Tetapi semua permasalahan besar yang berdampak langsung pada kondisi sosial ekonomi masyarakat itu menjadi samar terlihat ketika saya menyaksikan wakil rakyat itu -- yang tak lain juga adalah wakil saya di lembaga legislatif. Ironisme semacam ini pula yang pernah merisaukan Happy P Erawan, Area Koordinator Yayasan Mental Aritmatika (Mentari) Kaltim.

Ketika berbicara dalam rapat besar Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (DPPKT) di Hotel Senyiur Samarinda, beberapa waktu lalu, Happy mengatakan bahwa dirinya seringkali melihat orang- orang Kaltim rajin berbelanja di SOGO Jakarta. Menurutnya, ini merupakan cerminan bahwa mereka adalah orang-orang berduit atau malah kelebihan duit.

"Tapi begitu saya datang ke Kaltim dan menyaksikan bagaimana para anak-anak kita tampil tidak pede (percaya diri, red) dalam pentas aritmatika di kancah nasional, saya jadi tahu bahwa masalah SDM di daerah ini agaknya belum jadi perhatian semua pihak. Baik oleh masyarakat, anggota dewan maupun pejabat. Padahal inilah kunci sukses untuk mengejar ketertinggalan kita," ungkapnya.

Seorang mantan anggota DPRD Kaltim yang kini menjadi dekan sebuah fakultas di universitas swasta di Samarinda mengatakan, tingkat kesejahteraan anggota legislatif sekarang memang jauh lebih besar ketimbang sebelum otonomi daerah. Dengan dimilikinya hak budget dan pengaturan anggaran rumah tangga dewan, anggota dewan mempunyai bargaining position lebih besar dalam menentukan tingkat kesejahteraannya.

Pemerintah kini harus mengeluarkan dana cukup besar untuk menggaji, memberi bermacam tunjangan dan membiayai kegiatan operasional 45 anggota DPRD Kaltim. Selama tahun 2003 lalu misalnya, sudah Rp 60 miliar yang dihabiskan. Jika dibagi rata, maka jumlah uang rakyat yang harus dikeluarkan untuk menunjang dan membiayai operasional tiap wakilnya yang duduk di gedung dewan itu mencapai Rp 1,3 miliar per tahun atau Rp 108,3 juta per bulan.

Memang tidak semua diterima dalam bentuk uang. Sebagian diberikan untuk belanja barang (antara lain untuk pembuatan pakaian dinas yang mencapai Rp 20 juta per tahun), bantuan peningkatan SDM, biaya persidangan, perjalanan dinas dan keperluan lainnya.

Menurut Hermain Okol, mantan anggota DPRD Kaltim 1999-2004, tingginya dana operasional dewan itu karena sesuai dengan luas wilayah dan permasalahan yang dihadapi. "Masalahnya, wilayah kita sangat luas. Belum lagi permasalahan yang dihadapi juga sangat berat. Sementara jumlah anggota kita cuma 45 orang," sahutnya seraya menyebutkan contoh permasalahan yang tengah dihadapi seperti kasus penyelundupan, dan masalah di wilayah perbatasan.

"Jadi tidak bisa kita membandingkan dengan daerah lain seperti Jawa Barat. Mereka memiliki anggota lebih banyak, sampai 100 anggota dewan, sedang wilayahnya jauh lebih kecil," terangnya.

Dalam pandangan Sugeng Haryadi, pengajar Program Pascarsarjana MM Unmul, anggaran yang pernah diterima dewan itu memang terlalu besar dan cenderung sebagai suatu pemborosan. "Jika melihat input anggaran yang diserap dewan dengan output, berupa jumlah perda yang dihasilkan, saya menilai kinerja Pemprov Kaltim khususnya DPRD high cost government ," ucapnya.

Yang memprihatinkan, kesan pemborosan ini justru terjadi pada saat pemberlakuan otonomi daerah. Padahal sesuai substansi otda, mestinya biaya yang ada justru harus lebih banyak dikembalikan kepada rakyat, bukannya untuk pemerintah termasuk untuk dewan. Jika dalam tahun ini DPRD Kaltim hanya menghasilkan sepuluh perda, berarti untuk menghasilkan satu perda diperlukan biaya rata-rata sebesar Rp 6 miliar.

Toh begitu mereka masih belum puas dengan apa yang telah mereka terima selama ini. Mereka pernah minta lagi dana tambahan untuk biaya penunjang operasional dewan, justru pada saat hanya beberapa pekan menjelang masa bhaktinya berakhir. Besarnya tidak tanggung-tanggung. Sesuai Surat Keputusan (SK) DPRD Kaltim No 012/2004 yang diteken ketuanya, Sukardi Jarwo Putro, besarnya mencapai Rp 5,4 miliar atau Rp 120 juta per orang termasuk biaya medical check up Rp 20 juta.

Kendati oleh banyak kalangan dipandang tidak patut, mengusik rasa keadilan masyarakat Kaltim yang umumnya masih hidup pas-pasan, dan bahkan melanggar hukum (dianggap bertentangan dengan PP No 110/2000 dan Perda No 06/2001), para wakil rakyat itu masa bodoh. Dalam rapat dulu, mereka masih sempat meminta agar dana itu segera dicairkan.
Nurhuda Trisula, anggota Panitia Anggaran (Panggar) DPRD Kaltim dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan, sebenarnya ia risi untuk menerima dana tersebut. Ia memahami pandangan miring dan keberatan yang disampaikan banyak kalangan. Tetapi, ini sudah menjadi keuputusan dewan, jadi dia harus menghargai.

"Lagi pula kalau misalnya ini saya tolak, toh dana itu akan kembali ke kas dan mungkin digunakan hal lain yang sejenis yang mungkin tidak bermanfaat. Jadi kan lebih baik saya terima saja agar bermanfaat, agar bisa saya gunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, membantu para konstituen, dan lain-lain yang bermanfaat," tandas Nurhuda ketika saya tanya ketika itu.

Pertanyaan susulan segera pula saya sampaikan. Bukankah dalam SK 012/2004 disebutkan bahwa dana itu untuk bantuan penunjang operasional dewan, tapi kenapa Anda merencanakan dana itu untuk membantu masyarakat dan konstituen? Wakil rakyat dari partai yang dikenal bersih ini menjawab,"Ini hanya soal definisi, masih bisa diperdebatkan. Orang memiliki definisi yang berbeda-beda atas kata-kata itu(operasional dewan)."

Tapi beruntung bahwa eksekutif masih mau melihat persoalan itu lebih jernih. Sehingga dana sebesar itu urung dicairkan. Pemprov Kaltim menolak permintaan tersebut dengan alasan melanggar ketentuan yang berlaku.
***

PENAMPILAN seseorang memang tidak selalu identik dengan gambaran perilaku dan kinerja. Sebab, anggota dewan yang tampil dandy tersebut kenyataannya selalu berbicara lantang dalam sidang-sidang dewan. Ia juga selalu berbicara atas nama rakyat.

Barangkali baginya sah-sah saja orang mau pakai apa atau beli apa. Mobil baru, rumah mewah, tanah luas atau selalu weekend di Jakarta. "Apa salah kalau seorang anggota dewan beli mobil dan bangun rumah mewah. Sepanjang ia mampu beli, kenapa tidak? Lihat saja para pejabat, toh tidak pernah ada yang mempersoalkan. Tapi begitu giliran kami, kok banyak pada sewot," ungkap seorang politisi yang baru saja mengabdikan diri sebagai anggota dewan periode lalu.

Mantan anggota dewan itu mengaku tidak memiliki sepatu Bally. Tapi ia menyimpan beberapa pasang sepatu merek lain, Pierre Cardien dan Charles Jourdan. Ya. Memang cuma sepatu! Menurutnya, itu bukan hal yang luar biasa. Ini hanya soal rasa comfort (kenyamanan), quality (kualitas), dan design (desain). Siapapun, katanya bisa memiliki. Oooo...begitu! (*)

5 comments:

kitong said...

sepatu bally, walau saya belum pernah melihat seperti apa bentuknya, namun saya terkejut dengan harga yang ditawarkan oleh SOGO jakarta. sekitar Rp. 5 juta. harga yang sangat mahal untuk sepasang sepatu. saya memiliki sepasang sepatu 'safety' yang harganya sekitar 300 - 400 rb, sepatu yang dijamin jika terlindas oleh ban mobil kaki penggunanya tidak akan terluka. kira-kira dapat berapa pasang sepatu 'safety' ya sepatu bally tersebut. saya salut dengan seorang M. Hatta, yang memilih untuk menabung sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan sepatu tersebut.walau sampai ajal menjemputnya ia tak jua mampu membeli sepatu idamannya tersebut.

achmadbintoro said...

yah, begitulah mas Kitong.

Anonymous said...

maaF pak mau tanya..
BINTORO itu artinya apa ya?,
klo boleh tau..
arti selain wilayah di demak lho..
makasih,
from bintoro'ers

master togel said...

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<





SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<




SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

bpk muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.